Senin, 24 Maret 2014

Manfaat Kajian Ilmu Manajemen



Ilmu Ekonomi tidak lagi asing di telinga kita semua, Ilmu Ekonomi sudah dipelajari dan diterapkan sejak jaman dahulu untuk berdagang, mengatur sebuah pemerintahan dan lain-lain. Dengan mempelajari ilmu ekonomi, membuat manusia lebih mahir dan menguasai cara memanfaatkan ekonomi yang baik dan benar sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Tujuan utamanya adalah agar masalah ekonomi yang terjadi di sekitar kita dapat segera teratasi.

Ilmu Manajemen adalah salah satu Ilmu Ekonomi yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Ilmu Manajemen, kita diajarkan cara untuk mengatur segala sesuatu khususnya dalam bidang Ekonomi. Kajian Ilmu Manajemen terdapat diantaranya penjualan, promosi, keuangan, forecasting, teori antrian dsb. yang dapat kita rasakan manfaatnya untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi.

Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya. Manfaatnya antara lain :
1.       Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial,
2.       Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit,
3.       Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan,
4.       Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar,
5.       Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing,
6.       Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

Forecasting adalah meramalkan, memproyeksikan, atau mengadakan perkiraan/taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rencana yang lebih pasti dapat dilakukan. Dalam ilmu manajemen, forecasting sering digunakan untuk meramalkan penjualan dimasa yang mendatang. Dalam forecasting juga terdapat beberapa teknik-teknik peramalan yang dapat diterapkan antara lain :
1.       Rata-rata bergerak (Moving average)
2.       Rata-rata bergerak tertimbang (Weighted moving average)
3.       Exponential smoothing

Teori antrian pertama kali dikemukakan oleh A.K. Erlang, yang menggambarkan model antrian untuk menentukan jumlah optimal dari fasilitas telepon switching yang digunakan untuk melayani permintaan yang ada. Dalam ilmu manajemen, teori antrian biasa digunakan untuk membuat suatu sistem yang disebut sistem antrian. Sistem antrian adalah suatu himpunan pelanggan, pelayan ( server ) serta suatu aturan yang mengatur kedatangan pelanggan dan pemrosesan masalah pelayanan antrian, dimana dicirikan oleh lima buah komponen yaitu: pola kedatangan para pelanggan, pola pelayanan, jumlah pelayan, kapasitas fasilitas untuk menampung para pelanggan dan aturan dimana para pelanggan dilayani.

Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan. Dalam ilmu manajemen keuangan kita diajarkan untuk mengatur, mengelola, menyimpan bahkan mengendalikan keuangan. Bagi seorang manajer, ilmu ini sangat penting karena manajer keuangan dapat mengetahui bagaimana mengelola segala unsur dan segi keuangan. Keuangan itu sendiri adalah salah satu fungsi penting dalam mencapai tujuan perusahaan. Ilmu ini tidak hanya berguna bagi seorang manajer tapi sebagai makhluk ekonomi, kita juga perlu menerapkan ilmu keuangan ini.

Pada Umumnya, kebanyakan orang beranggapan bahwa pemasaran itu berarti penjualan atau periklanan. Hal tersebut memang bagian dari pemasaran, namun sebenarnya pemasaran jauh lebih dari sekedar penjualan atau periklanan. Pemasaran dalam arti luas merupakan suatu proses sosial mengarahkan aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen dalam memenuhi kebutuhan permintaan dan penawaran yang efektif dan mencapai tujuan dari masyarakat. Pemasaran yang efektif berarti mendistribusikan barang dan jasa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Ini berarti menyediakan produk untuk konsumen pada waktu yang tepat di tempat yang tepat dengan harga yang mereka inginkan. Atau dapat diartikan membuat konsumen puas setelah membeli dan membuat mereka membeli kembali dimasa yang akan datang. Salah satu alasan penting belajar pemasaran adalah karena pemasaran mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan kita sehari-hari. Beberapa kursus mungkin sangat menarik untuk anda ketika anda memutuskan untuk mengikutinya namun kemudian tidak relevan lagi dalam dunia nyata. Namun tidak demikian halnya dengan pemasaran, anda akan menggunakannya di sepanjang hidup anda.

Dari beberapa kajian ilmu manajemen yang dibahas diatas, penulis menarik kesimpulan bahwa ilmu tersebut sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Manusia pada dasarnya adalah sebagai makhluk ekonomi dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Terlepas dari itu, ilmu ekonomi juga sangat bermanfaat untuk membangun pertumbuhan ekonomi bangsa yang tujuannya untuk mensejahterakan keseluruhan rakyat bangsa itu sendiri. Semoga pembahasan tentang “Manfaat Kajian Ilmu Manajemen” ini akan benar-benar bermanfaat bagi hidup anda.

Daftar Pustaka

Manfaat Mempelajari Ilmu Ekonomi, http://portalpbj.blogspot.com/2013/08/manfaat-mempelajari-ilmu-ekonomi.html#ixzz2wybIL27X (diakses Maret 2014)
 Godam64. 2008. Definisi/Pengertian Promosi, Fungsi/Tujuan & Bauran Promosi / Promotional Mix Produk, http://www.organisasi.org/1970/01/definisi-pengertian-promosi-fungsi-tujuan-bauran-promosi-promotional-mix-produk.html (diakses Maret 2014)
 Arilaha, Asril. 2011. Forecasting (Peramalan), http://asril-arilaha.blogspot.com/2011/09/forecasting-peramalan.html Obudbuddy. 2012. Teori Antrian, http://diseuhahdalada.wordpress.com/2012/08/10/teori-antrian/Purimay, Merryta. 2011. Mengapa Kita Perlu Mempelajari Manajemen Keuangan, http://merrytapurimay.wordpress.com/2011/12/09/mengapa-kita-perlu-mempelajari-manajemen-keuangan/ Management. 2010. Belajar Manajemen, http://belajar-management.blogspot.com/2010/01/arti-penting-pemasaran-untuk-konsumen.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar