Ilmu Ekonomi
tidak lagi asing di telinga kita semua, Ilmu Ekonomi sudah dipelajari dan
diterapkan sejak jaman dahulu untuk berdagang, mengatur sebuah pemerintahan dan
lain-lain. Dengan mempelajari ilmu ekonomi, membuat manusia
lebih mahir dan menguasai cara memanfaatkan ekonomi yang baik dan benar
sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Tujuan utamanya adalah agar masalah
ekonomi yang terjadi di sekitar kita dapat segera teratasi.
Ilmu
Manajemen adalah salah satu Ilmu Ekonomi yang dapat kita terapkan dalam
kehidupan sehari-hari. Dalam Ilmu Manajemen, kita diajarkan cara untuk mengatur
segala sesuatu khususnya dalam bidang Ekonomi. Kajian Ilmu Manajemen terdapat
diantaranya penjualan, promosi, keuangan, forecasting, teori antrian dsb. yang
dapat kita rasakan manfaatnya untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi.
Promosi adalah
suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau
pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk
barang atau jasa yang dipasarkannya. Manfaatnya antara lain :
1.
Menyebarkan informasi produk kepada target pasar
potensial,
2.
Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit,
3.
Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga
kesetiaan pelanggan,
4.
Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi
lesu pasar,
5.
Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding
produk pesaing,
6.
Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai
dengan yang diinginkan.
Forecasting
adalah meramalkan, memproyeksikan, atau mengadakan perkiraan/taksiran terhadap
berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rencana yang lebih pasti
dapat dilakukan. Dalam ilmu manajemen, forecasting sering digunakan untuk
meramalkan penjualan dimasa yang mendatang. Dalam forecasting juga terdapat beberapa
teknik-teknik peramalan yang dapat diterapkan antara lain :
1.
Rata-rata bergerak
(Moving average)
2.
Rata-rata bergerak
tertimbang (Weighted moving average)
3.
Exponential
smoothing
Teori antrian pertama kali dikemukakan
oleh A.K. Erlang, yang menggambarkan model antrian untuk menentukan jumlah
optimal dari fasilitas telepon switching yang digunakan untuk melayani
permintaan yang ada. Dalam ilmu manajemen, teori antrian biasa digunakan untuk
membuat suatu sistem yang disebut sistem antrian. Sistem antrian adalah suatu
himpunan pelanggan, pelayan ( server ) serta suatu aturan yang mengatur
kedatangan pelanggan dan pemrosesan masalah pelayanan antrian, dimana dicirikan
oleh lima buah komponen yaitu: pola kedatangan para pelanggan, pola pelayanan,
jumlah pelayan, kapasitas fasilitas untuk menampung para pelanggan dan aturan
dimana para pelanggan dilayani.
Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan
perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian
dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan. Dalam ilmu
manajemen keuangan kita diajarkan untuk mengatur, mengelola, menyimpan bahkan
mengendalikan keuangan. Bagi seorang manajer, ilmu ini sangat penting karena
manajer keuangan dapat mengetahui bagaimana mengelola segala unsur dan segi
keuangan. Keuangan itu sendiri adalah salah satu fungsi penting dalam mencapai
tujuan perusahaan. Ilmu ini tidak hanya berguna bagi seorang manajer tapi
sebagai makhluk ekonomi, kita juga perlu menerapkan ilmu keuangan ini.
Pada Umumnya, kebanyakan orang
beranggapan bahwa pemasaran itu berarti penjualan atau periklanan. Hal tersebut
memang bagian dari pemasaran, namun sebenarnya pemasaran jauh lebih dari
sekedar penjualan atau periklanan. Pemasaran dalam arti luas merupakan suatu
proses sosial mengarahkan aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen
dalam memenuhi kebutuhan permintaan dan penawaran yang efektif dan mencapai
tujuan dari masyarakat. Pemasaran yang efektif berarti mendistribusikan barang
dan jasa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Ini berarti menyediakan
produk untuk konsumen pada waktu yang tepat di tempat yang tepat dengan harga
yang mereka inginkan. Atau dapat diartikan membuat konsumen puas setelah
membeli dan membuat mereka membeli kembali dimasa yang akan datang. Salah satu
alasan penting belajar pemasaran adalah karena pemasaran mempengaruhi hampir
semua aspek kehidupan kita sehari-hari. Beberapa kursus mungkin sangat menarik
untuk anda ketika anda memutuskan untuk mengikutinya namun kemudian tidak
relevan lagi dalam dunia nyata. Namun tidak demikian halnya dengan pemasaran, anda
akan menggunakannya di sepanjang hidup anda.
Dari beberapa kajian ilmu manajemen yang
dibahas diatas, penulis menarik kesimpulan bahwa ilmu tersebut sangat
bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Manusia pada dasarnya adalah sebagai
makhluk ekonomi dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Terlepas dari itu,
ilmu ekonomi juga sangat bermanfaat untuk membangun pertumbuhan ekonomi bangsa
yang tujuannya untuk mensejahterakan keseluruhan rakyat bangsa itu sendiri.
Semoga pembahasan tentang “Manfaat Kajian Ilmu Manajemen” ini akan benar-benar
bermanfaat bagi hidup anda.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar